1. Home
  2. Berita

  3. Turnamen Bulu Tangkis Bupati Wajo Cup Dimulai, Berhadiah 50 Juta

Turnamen Bulu Tangkis Bupati Wajo Cup Dimulai, Berhadiah 50 Juta

   Admin Wajokab Rabu, 16 Mar 2022, 06:47:26 WITA (295 kali dibaca)


Turnamen Bulu Tangkis Bupati Wajo Cup Dimulai, Berhadiah 50 Juta

WAJO - Turnamen bulu tangkis bertajuk Bupati Wajo Cup 2022 turut menyemarakkan menuju Hari Jadi Wajo (HWJ) ke-623 pada 29 Maret nanti. Pembukaannya sudah berlangsung, Selasa (15/3/2022) malam, di Gelanggang Olahraga (GOR) Hall Sport Badminton (HSB) oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud.

Turnamen ini terlaksana berkat kolaborasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Wajo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Wajo, serta dukungan para sponsor.

Event ini cukup semarak karena diikuti 459 atlet dari 28 klub. Para peserta berasal dari lintas kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel). Bahkan, turut diikuti peserta dari luar provinsi, yakni Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Tenggara (Sultra). 

Dari empat kategori yang dipertandingkan, 263 atlet mengikuti kategori pembinaan kelompok umur, mulai dari usia dini, anak-anak, pemula, remaja, dan ganda putra remaja-taruna. 

Lalu, untuk kategori ganda dewasa putri open se-Sulsel diikuti 20 atlet. Kemudian, 176 atlet khusus untuk peserta lokal Wajo ada kategori ganda dewasa Wajo super series level A dan B serta ganda eksekutif kelompok umur (minimal 45 tahun).

Penyelenggara menyiapkan total hadiah uang tunai Rp50 juta dan trofi. Sementara untuk perangkat pertandingan dihadirkan dari PBSI Sulsel serta PBSI Wajo, Pangkep, dan Palopo.

Pertandingan terselenggara di dua venue. Pertama di GOR HSB yang jadi lokasi pembukaan. Sementara, venue kedua di Wajo Badminton Club (WBC) Thomas Sallo Mall.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, dalam sambutannya saat pembukaan berharap event ini menjadi ajang pembinaan sehingga melahirkan atlet-atlet yang siap berkompetensi di masa depan.

"Saya minta kepada Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata untuk tetap memberikan perhatian penuh meskipun di tengah keterbatasan penganggaran kita. Sekecil apa pun, setidaknya itu adalah bentuk dukungan kita untuk pengembangan bulu tangkis di Wajo," ucap Ketua ICMI Wajo ini.

Amran Mahmud juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas nama pribadi dan Pemkab Wajo kepada seluruh panitia dan semua pihak yang mendukung pelaksanaan turnamen ini. 

"Mari sukseskan turnamen ini, tetap ikuti aturan yang ada, apalagi saya dengar tadi bahwa turnamen ini adalah pertandingan yang tercatat di sistem informasi PBSI Pusat, sehingga para peserta pun terverifikasi oleh tim keabsahan," jelasnya.

Sementara, Ketua PBSI Sulsel diwakili Ketua Bidang Turnamen, Referee, dan Perwasitan, Muhammad Hatta, menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah daerah untuk melaksanakan turnamen ini.

"Kita pahami bahwa bulu tangkis ini mampu mengharumkan Indonesia di kancah internasional. Dan tentu pembinaan harus dimulai di tingkat daerah. Kita bersyukur Bapak Bupati memberikan perhatian serius untuk cabang olahraga ini, terbukti dengan pelaksanaan event ini, bahkan beliau yang membuka langsung malam ini," ucapnya.

Ketua PBSI Wajo, Syamsul Bahri, menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Wajo sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. 

"Begitu juga kami ucapkan terima kasih atas dukungan para sponsor yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu serta sinergi dari KONI Wajo. Semoga sumbangsih kita semua mendapatkan balasan terbaik dari Allah subhanahu wa taala," ucapnya. 

Turut hadir pada pembukaan, yakni Kapolres Wajo, AKBP Muhammad Islam, Ketua Komisi II DPRD Wajo, Sudirman Meru, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Wajo, Dahniar Gaffar, Pimpinan BNI Cabang Sengkang, Samsul Qamar, Kapolsek Tempe, AKP Abdul Rahman, Ketua KONI Wajo, Sayuti Mahmud, Pimpinan HSB Grup, Mulyadi, Ketua DPD II KNPI Wajo, Ferry Surahmat, para referee, wasit, dan tim keabsahan, para atlet, serta undangan lainnya.

Diketahui, sebagai penutup acara pembukaan, dilangsungkan ekshibisi singkat antara Bupati Wajo berpasangan dengan Kepala Bidang Turnamen, Referee, dan Wasit PBSI Sulsel melawan Kapolres Wajo yang berpasangan dengan Pimpinan BNI Cabang Sengkang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *