1. Home
  2. Berita

  3. Lomba Balap Perahu di Danau Lampulung, Bupati Wajo Yakin Jadi Magnet Pariwisata

Lomba Balap Perahu di Danau Lampulung, Bupati Wajo Yakin Jadi Magnet Pariwisata

   Admin Wajokab Rabu, 10 Agu 2022, 13:17:28 WITA (372 kali dibaca)


Lomba Balap Perahu di Danau Lampulung, Bupati Wajo Yakin Jadi Magnet Pariwisata

WAJO - Bupati Wajo, Amran Mahmud, hadir membuka secara resmi sekaligus melepas lomba balap perahu di Danau Lampulung, Kelurahan Pattirosompe, Kecamatan Tempe, Rabu (10/08/2022). Orang nomor satu di Bumi Lamaddukelleng itu berharap event ini digelar kontinu dan dibuat dengan skala lebih besar.

Amran Mahmud percaya event seperti ini bisa menjadi magnet untuk pariwisata di Wajo. "Jika daerah kita banyak dikunjungi, tentu akan memberikan multiefek, khususnya pertumbuhan ekonomi. Apalagi, rencana tahun ini juga Kawasan Rumah Adat Atakkae akan dilakukan rehabilitasi," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Wajo ini.

Amran Mahmud pun meminta kepada Pemerintah Kecamatan Tempe untuk bersama-sama organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo untuk menata kawasan Danau Lampulung. Tentunya juga dengan kolaborasi masyarakat maupun pihak lainnya.

"Danau Lampulung ini bisa mendukung pengembangan perekonomian masyarakat, seperti di sektor perikanan, perikanan, dan terutama pariwisata. Misalnya, melalui perlombaan balap perahu seperti hari ini," ucap Amran Mahmud.

Secara khusus Amran Mahmud meminta kepada kepada Camat Tempe, Supardi, agar ke depannya event ini bisa dibuat lebih meriah. "Jika Pak Camat Tempe siap menjadi panitia, bisa dibuat event Bupati Cup untuk tahun depan, apakah dalam rangka Hari Jadi Wajo atau HUT Kemerdekaan. Ini bisa dipersiapkan mulai sekarang," ujar Amran Mahmud.

Amran Mahmud juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Kecamatan Tempe serta seluruh pihak dan sponsor yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

"Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh OPD, camat, kepala desa, lurah, instansi, perbankan, perusahaan, organisasi, dan pihak lainnya yang telah berpartisipasi, melaksanakan lomba, dan kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 tahun ini. Semoga ini menjadi momentum untuk kebangkitan di segala sektor," harap Amran Mahmud.

Ketua panitia pelaksana, Faisal, menyampaikan tujuan kegiatan adalah untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan dari masyarakat, khususnya nelayan. Sebagaimana diketahui, Danau Lampulung ini menjadi bagian dari empat desa dan kelurahan, yaitu Kelurahan Pattirosompe dan Kelurahan Atakkae di Kecamatan Tempe, Desa Lampulung di Kecamatan Pammana, dan Desa Tua di Kecamatan Majauleng.

"Ini merupakan agenda pertama kali kami lakukan sehingga kami berharap agar event ini bisa menjadi agenda tahunan di kalender pariwisata Kabupaten Wajo," tuturnya.

Usai seremoni pembukaan, Amran Mahmud kemudian diundang naik perahu menuju ke rumah terapung di Danau Lampulung untuk melepas peserta lomba balap perahu. Kegiatan ini diikuti puluhan peserta dari pesisir Danau Lampulung.

Kegiatan ini dihadiri Camat Tempe, Supardi, bersama Kapolsek Tempe, AKP Abdul Rahman, para lurah, Ketua TP PKK Kecamatan Tempe, panitia, mahasiswa KKLP STIFA Makassar, masyarakat, peserta dan undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *