1. Home
  2. Berita

  3. Forum Diskusi Pembangunan Kabupaten Wajo

Forum Diskusi Pembangunan Kabupaten Wajo

    Selasa, 05 Jul 2022, 10:29:11 WITA (548 kali dibaca)


Forum Diskusi Pembangunan Kabupaten Wajo

Tidak terasa, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025 akan segera berakhir. Demikian pula dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2024. Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, maka baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, harus segera mempersiapkan langkah-langkah penyusunan kedua dokumen penting ini, yang kelak akan digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan pembangunan nasional dan pembangunan daerah.

Salah satu aspek penting yang dibutuhkan dalam penyusunan kedua dokumen perencanaan tersebut adalah data dan Informasi yang berasal dari masyarakat sebagai subyek Pembangunan. Sayangnya, ruang partisipasi masyarakat yang selama ini hanya terbuka pada pelaksanaan Musrenbang belum memadai untuk menyalurkan seluruh aspirasi masyarakat untuk diolah dan diinternalisasi ke dalam dokumen perencanaan. Banyak orang yang memiliki ide, gagasan, atau saran yang berkualitas untuk memperkaya dokumen perencanaan kita, namun tidak memiliki kesempatan untuk hadir secara personal dalam forum Musrenbang sehingga ide dan gagasannya tidak tersalurkan.

Guna mengatasi kesenjangan itu, mulai hari ini, Rabu 6 Juli 2022, Pemerintah Kabupaten Wajo membuka Forum Diskusi Dalam Jaringan (daring) sebagai forum diskusi terbuka bagi seluruh masyarakat Kabupaten Wajo yang ingin berkontribusi dalam pembangunan daerah. Melalui Forum Diskusi daring ini, masyarakat dapat menyampaikan ide, gagasan, maupun saran, untuk selanjutnya dielaborasi sebagai bahan penyusunan RPJPD dan RPJMD Kabupaten Wajo. 

Kami mengundang Anda untuk mengusulkan Tema Diskusi, sekaligus nantinya ikut mendiskusikan tema-tema pembangunan tersebut, dalam forum diskusi daring bersama Bappelitbangda Kabupaten Wajo dan Perangkat Daerah terkait dengan melibatkan seluruh stakeholder pembangunan yang ada di daerah ini. Mari membangun Wajo dengan semangat Yassiwajori, untuk kemaslahatan kita dan anak cucu kita di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *