1. Home
  2. Berita

  3. Bupati Wajo Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Lapongkoda

Bupati Wajo Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Lapongkoda

   Admin Wajokab Sabtu, 28 Agu 2021, 05:08:42 WITA (176 kali dibaca)


Bupati Wajo Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Lapongkoda

WAJO - Tangis salah seorang warga pecah begitu Bupati Wajo, Amran Mahmud, bersama rombongan tiba di Jalan Jawa, Kelurahan Lapongkoda, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi selatan, Jumat sore (27/8/2021).

 

Warga setempat baru saja ditimpa musibah kebakaran yang terjadi pada Jumat dini hari (27/8/2021) sekitar pukul 00.30 Wita. Data yang terhimpun, 9 rumah dilalap si jago merah, rinciannya 6 rumah rusak berat/rata tanah, 2 rusak sedang, dan 1 rusak ringan.

 

Kebakaran yang terjadi saat jam istirahat ini, membuat panik warga sekitar karena lokasi kejadian berada di kawasan permukiman padat penduduk. Terlebih lagi berada di sekitar pusat pertokoan Pasar Sentral Sengkang.

 

Api dengan cepat menghanguskan rumah panggung warga yang sebagian besar terbuat dari kayu. Untungnya, Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Posko Induk dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan Wajo cepat tiba di lokasi kejadian begitu mendapatkan laporan.

 

Setelah berjuang dan dibantu Damkar Sektor Bola, Maniangpajo, dan Majauleng, akhirnya api bisa dipadamkan sekitar pukul 03.00 Wita.

 

Mendengar informasi terkait musibah ini, Bupati Wajo, Amran Mahmud, secara khusus berkunjung dan menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran.

 

Bantuan yang diserahkan datang dari berbagai sumber, yakni Pemerintah Kabupaten Wajo dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah, PMI Wajo, Baznas Wajo, Karang Taruna Wajo, Kwarcab Gerakan Pramuka Wajo, Lazismu Wajo, dan sumbangan pribadi H. Asrul.

 

"Sabar-ki, Bu. Mari kita mengikhlaskan semua yang sudah menjadi ketentuan Allah subhanahu wa taala. Ini ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Wajo, organisasi, dan para dermawan. Jangan-ki' lihat dari nilainya, tapi ini adalah bentuk silaturahmi dan kebersamaan kami," ucap Amran saat menyerahkan bantuan.

 

Amran menyampaikan sejak pagi dirinya telah memerintahkan Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Wajo, melakukan asesmen dan pendataan terkait peristiwa kebakaran ini, untuk bantuan santunan dari belanja tidak terduga. Selain itu, BPBD pemerintah kecamatan dan perangkat daerah terkait untuk membantu pembersihan di lokasi.

 

"Kami turut prihatin atas apa yang menimpa bapak dan ibu sekalian. Kita sementara menyiapkan untuk bantuan santunan dari belanja tidak terduga. Kami juga mengajak para dermawan untuk turut membantu saudara kita yang terkena musibah ini," ucap Amran.

 

Salah seorang warga tidak bisa menyembunyikan rasa harunya didatangi langsung Bupati Wajo. Sebab, mereka tidak hanya sebatas butuh dukungan materiel, tetapi juga morel. "Terima kasih banyak Pak Bupati sudah datang mengunjungi kami," ucap seorang warga.

 

Turut Hadir mendampingi Amran di lokasi, yakni Kepala BPBD Wajo, Andi Muslihin, Anggota DPRD Wajo, Sudirman Meru bersama rombongan PMI, Anggota DPRD, Elfrianto, bersama rombongan Kwarcab Gerakan Pramuka Wajo, Camat Tempe, Supardi, rombongan Karang Taruna, rombongan Baznas, dan Lazismu Wajo. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *