1. Home
  2. Berita

  3. Bupati Wajo Kembali Singgung Pelayanan Publik, Butuh Komitmen Tinggi ASN

Bupati Wajo Kembali Singgung Pelayanan Publik, Butuh Komitmen Tinggi ASN

   Admin Wajokab Senin, 07 Mar 2022, 11:04:51 WITA (581 kali dibaca)


Bupati Wajo Kembali Singgung Pelayanan Publik, Butuh Komitmen Tinggi ASN

WAJO- Bupati Wajo Amran Mahmud, kembali mengingatkan para pejabat dan ASN di lingkup pemerintah kabupaten untuk memaksimalkan pelayanan publik.

Saat membuka dan memberi pengarahan di Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemenuhan Standar Pelayanan Publik Lingkup Pemerintah Kabupaten Wajo, di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Senin (7/4/2022), Amran menekankan pentingnya menghadirkan pelayanan prima dan maksimal.

Menurutnya, pelayanan publik yang prima tidak terjadi begitu saja. Tetapi butuh komitmen yang tinggi, ikhtiar yang kuat, disiplin, transformasi tatakelola, maupun bagaimana ada perubahan pola pikir dan perubahan budaya kerja.

"Pelayanan publik adalah bukti kehadiran pemerintah. Baik buruknya persepsi masyarakat terhadap pemerintah dapat dirasakan dari pelayanan publik. Pelayanan publik yang buruk akan menurunkan kredibilitas pemerintah daerah di mata rakyat," tegas Amran Mahmud.

Selain soal pelayanan, Amran juga meminta kepada unit layanan untuk memastikan pemenuhan standar pelayanan publik dilakukan dengan baik. Sehingga hal itu menginspirasi lahirnya inovasi-inovasi, memutus kerumitan birokrasi, memangkas waktu, biaya dan prosedur. 

"Begitu juga mendengar dan menindaklanjuti aduan masyarakat. Bagi OPD yang telah menyumbang pada nilai merah atau kuning , hasil penilaian ini dijadikan alat ukur untuk penempatan atau mutasi pejabat," terang Amran.

Orang nomor satu Wajo ini juga meminta kepada seluruh camat, selaku koordinator pemerintahan desa, untuk ikut memantau pelaksanaan pemenuhan standar layanan publik pada pemerintahan desa sehingga seluruh masyarakat terlayani dengan baik.

Amran menambahkan, pengawasan menjadi salah satu aspek pengendalian yang sangat penting, agar penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan daerah senantiasa berada pada jalur yang benar (om the track) sesuai dengan visi-misi daerah, yaitu meningkatkan tata kelola pemerintah yang baik, bersih, amanah, serta pemenuhan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Lebih dari itu, sepatutnya pengawasan memberikan nilai tambah bagi peningkatan kinerja pemerintah, tentunya harus ditunjukkan dengan output dan dampak berupa pelayanan publik yang cepat, tepat dan professional," harapanya.

Karena itu, atas nama pribadi dan pimpinan daerah, Bupati memberikan apresiasi positif serta sangat mendukung pelaksanaan Bimtek Pemenuhan Standar Pelayanan Publik Lingkup Pemerintah Wajo, sebagai upaya bersama untuk mendukung akselerasi perwujudan good governance dan clean government. Apalagi menghadirkan narasumber Herwin Gunawan dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.

Di kegiatan ini, selain dihadiri Amran Mahmud dan perwakilan Ombudsman sebagai narasumber, juga diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Armayani bersama para Kepala OPD, Camat serta para undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *